Preferensi: Panduan Membuat Blogspot Dengan Ponsel Java

Panduan Membuat Blogspot Dengan Ponsel Java

"Update 26 July 2017: Mohon maaf untuk artikel ini mungkin sudah tidak bisa dijadikan pedoman lagi dalam membuat blogspot dengan ponsel java. Karena saat ini UC Browser dan Opera Mini versi Java .jar tidak didukung untuk membuka tampilan dasbor blogger."

Baca juga: Blogger Ponsel Java dan Symbian Kini Harus Beralih Ke Platform Atas Untuk Menggunakan Tampilan Blogger Terbaru

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang sangat pesat, banyak dari pengguna ponsel dengan platform java yang sudah beralih ke jenis ponsel pintar seperti android, ios, windows phone, blackberry, dsb. Namun tidak sedikit dari mereka yang masih tetap menggunakan platform ini dengan berbagai alasan mereka masing-masing, diantanya ponsel yang tidak mudah rusak, ketahanan sinyal walaupun di bawa ke tempat yang jauh dari perkotaan, battery yang tahan lama karena sedikit aplikasi yang dijalankan, sangat praktis dan simpel ketika dibawa kemanapun tanpa memikirkan rasa takut akan layar retak atau patah karena ukuran yang terlalu lebar, dan masih banyak lagi lainnya. Para pengembang aplikasi dan permainan untuk platform ini juga sudah mulai aktif di platform atasnya, sehingga sering kali menemukan aplikasi atau permainan yang tidak bisa berjalan dengan baik ketika mendownload. Seperti halnya pesan error, unduhan java jar tidak berlaku, file rusak yang dikarenakan pengembangan terhenti untuk versi atau tipe ponsel tersebut.

Dengan segala keterbatasan bukan berarti tidak bisa berkarya seperti halnya menulis di internet dan mengelola situs atau blog yang dirasa hanya bisa dikerjakan oleh perangkat seperti PC, laptop, tablet, dan ponsel pintar.

Berikut ini adalah panduan dan cara mudah untuk membuat blog tepatnya di subdomain blogspot.com dari ponsel java, tentunya bagi mereka yang ingin mempromosikan hasil usaha barang atau jasa di internet dengan nama situs atau blog sendiri, menulis tutorial atau panduan, serta pembahasan yang spesifik mengenai topik bahasan tertentu walaupun hanya bermodalkan ponsel java.

Peralatan yang perlu disiapkan

*. Tentunya sebuah ponsel yang mendukung untuk di instal aplikasi dengan format .jar


*. Aplikasi browser yang tidak asing lagi yaitu UC Browser v9.5 bagi yang belum punya bisa download dari situs resminya ucweb. Selanjutnya Opera Mini versi ringan 4.5 mini.opera.com sebagai preview dan blog walking.
*. Sebuah akun email, di rekomendasikan dari layanan gmail.com. Jika belum punya bisa membuatnya terlebih dahulu.

Cara membuat blog

Silahkan buka aplikasi UC Browser yang sudah di download, kemudian masukan nama blog yang di inginkan pada kolom URL (address bar), bisa nama sendiri atau nama lain yang belum digunakan misalnya: namasaya.blogspot.com, tokosepatu.blogspot.com. Setelah menemukan nama blog yang sesuai dan belum dipakai orang lain kemudian pilih Daftar.. selanjutnya akan diminta masuk/login dengan email dan sandi dahulu karena belum masuk/login ke blogger. Setelah masuk akan ada tampilan untuk mengisi judul blog dan memilih template/tampilan blog (tunggu hingga loading selesai) kemudian pilih Buat Blog, biasanya menu ini ada di bagian bawah halaman blogger. Setelah loading selesai, lihat lagi dan pastikan blog sudah berhasil di buat atau sudah jadi. Dengan cara mengetikkan alamat blog yang di daftarkan pada kolom URL (address bar).

Melengkapi tampilan blog

Langkah selanjutnya setelah blog sudah jadi adalah melengkapi tampilan blog seperti menu navigasi: Home, About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer, Helps, dsb. Dengan cara pilih menu bloh kemudian pilih tab Tata Letak pada bagian bawah header pilih tambah widget cari Laman dan pilih tambah, setelah itu simpan, untuk melihat hasilnya pilih Lihat Blog. Langkah selanjutnya pilih tab Laman diantara barisan tab tata letak, setelah itu geser ke bawah dan pilih Buat Laman Baru, silahkan tulis judul yang di inginkan seperti: About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer, Helps, dsb. Jika sudah selesai pilih publikasikan catatan: jika terlalu lama pada pengeditan teks, maka saat publikasi akan mengalami error. Jadi sebisa mungkin untuk di salin terlebih dahulu dari menu pilihan pada teks editor, kemudian refresh kembali sampai muncul halaman tersebut dan tempel tulisan tadi. Setelah itu langsung cepat publikasikan.

Cara menulis postingan

Untuk menulis postingan pilih tab gambar pensil dengan warna orange atau dari link Entri Baru, caranya sama saja dengan membuat laman yang telah di uraikan di atas. Untuk penambahannya pada label dan deskripsi penelusuran guna mencakup kata kunci pada penelusuran google.