Preferensi: Cara Mengatasi Tampilan Layar "1: Analog Input Cannot Display This Video Mode" Pada Windows 10

Cara Mengatasi Tampilan Layar "1: Analog Input Cannot Display This Video Mode" Pada Windows 10

Ada beberapa hal yang memungkinkan munculnya pesan "1: Analog Input Cannot Display This Video Mode" Pada Windows 10. Salah satunya yaitu ketika ingin mengubah pixel tampilan menjadi lebih tinggi sesuai ketersediaan pada pilihan, misalnya dari 1024x768 ke 1600x1200. Kemudian tiba-tiba muncul pesan tersebut hingga cukup lama sekali atau bahkan setelah dimatikan secara paksa, dinyalakan ulang masih tetap sama atau tampilan monitor tidak bisa dikembalikan pada settingan sebelumnya?
Untuk mengatasi hal ini bisa langsung mereset tampilan melalui Startup Settings (menu safe mode). Jika layar monitor hanya tampilan saja yang berantakan, bisa langsung klik start menu yang berlogo windows > pilih restart cara tekan kombinasi tombol Shift+Klik kiri pada mouse dan tunggu beberapa saat.


Tetapi jika muncul tampilan "1: Analog Input Cannot Display This Video Mode" pada layar, bisa mengakses menu Startup Settings dengan cara hidupkan ulang dan tekan F8 atau kombinasi Shift+F8 pada proses booting.


Setelah muncul tiga pilihan, selanjutnya pilih Troubleshot.


Kemudian di dalam menu Troubleshot pilih Advanced options.


Di dalam menu Advanced options pilih Startup Settings.


Untuk melanjutkan ke menu Startup Settings pilih Restart dan tunggu beberapa saat.


Selanjutnya jika sudah terbuka menu Startup Settings pilih Enable low-resolution video dengan cara tekan tombol F3 dan tunggu hingga selesai.


Jika berhasil dan masuk ke tampilan windows 10 dengan tampilan low-resolution video (tampilan sedikit blur/buram). Selanjutnya klik kanan pada desktop dan pilih Display Settings.


Kemudian ubah dengan resolusi sedikit lebih tinggi di atasnya, misalnya dari 1024x768 ke 1280x1024.


Sekian semoga bisa sedikit membantu, atau jika mengalami kesulitan dalam memahami tutorial ini bisa ditanyakan pada kolom komentar atau via fanpage preferensi.info