Preferensi: 6 Tipe Niche Blog Yang Bisa Menjadi Referensi Untuk Diterapkan Teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi)

6 Tipe Niche Blog Yang Bisa Menjadi Referensi Untuk Diterapkan Teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi)

 


Menjadi blogger mungkin masih dipandang sebelah mata oleh sebagian orang yang belum mengerti dan merasakannya langsung. Ada yang mencoba, namun memilih berhenti karena suatu alasan. Kebanyakan yang sering dijadikan alasan yaitu dari kendala untuk terus menulis dan jumlah pengunjung yang sedikit. Jika dipahami benar-benar, alasan tersebut mungkin tidak akan pernah ada. Karena segala sesuatu memerlukan proses. 
Berikut ini penulis merangkum 6 tipe niche blog yang bisa menjadi referensi untuk diterapkan teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi), walaupun sebenarnya masih banyak lagi tipe niche blog yang dijadikan referensi.

1. Blog lirik lagu

Membuat blog dengan niche lirik lagu merupakan alternatif yang tepat untuk pengelola blog yang memiliki kendala dalam menciptakan konten/artikel dari hasil pemikiran sendiri. Karena niche lirik lagu ini bahan dasarnya sudah tersedia banyak sekali di internet. Tinggal bagaimana "style" dari pengelola blog agar lirik lagu tersebut lebih menarik sewaktu dibaca oleh pengunjung. Seperti dalam penataan paragraf, gaya huruf tebal, miring, dan besar kecilnya ukuran font yang digunakan.

2. Blog Terjemahan lirik lagu manca negara

Sebenarnya niche blog terjemahan lirik lagu merupakan niche terberat yang pernah penulis coba dari referensi ini. Mengingat penguasaan berbagai bahasa yang masih kurang, serta beberapa lirik lagu yang menggunakan bahasa kiasan. Walaupun sudah ada alat penerjemah, namun rasanya masih ada sesuatu yang kurang. Jadi, apabila menggunakan niche ini setidaknya memahami pesan yang disampaikan sebuah lagu. Agar setelah dipublikasikan kesannya tidak terlihat kaku sewaktu dibaca oleh pengunjung.

3. Blog download aplikasi/perangkat lunak dan lainnya

Dari yang sudah ada, kebanyakan blog dengan niche download seperti aplikasi, software, video, musik, file semuanya memasang iklan yang dirasa kurang nyaman bagi pengunjung. Jadi peluang untuk membuat blog download yang berkualitas masih sangat terbuka. Sedangkan pemasangan iklan bisa disesuaikan dengan gaya template/tampilan dan penempatan. Pengunjung yang berminat terhadap iklan tentu akan mengeklik iklan tersebut tanpa harus membuat pengunjung kurang nyaman.

4. Blog review produk, film/movie trialer, buku terbaru

Hal-hal yang serba baru merupakan sesuatu yang sangat menarik untuk dinanti, apalagi di era saat ini. Blog dengan niche review suatu produk, film/movie trialer, buku terbaru bisa jadi pilihan yang tepat untuk menarik minat pengunjung yang menyukai hal-hal baru.

5. Blog pengertian dan informasi umum

Banyak sekali informasi di luar sana yang ditayangkan oleh situs/blog secara terpisah-pisah. Sehingga pengunjung dituntut lebih pintar dalam menggunakan kata kunci di mesin pencarian seperti google/bing, untuk menemukan informasi yang dicari. Membuat blog dengan niche pengertian dan informasi umum yang sangay lengkap bisa jadi alternatif dalam menarik minat pengunjung untuk mengetahui berbagai infoemasi dalam satu blog. 

6. Blog tutorial dan panduan

Untuk poin nomer 6 ini sebenarnya tidak begitu penulis rekomendasikan, namun semua kembali ke bagaimana cara ngeblog masing-masing. Niche tutorial dan panduan yang terpenting adalah bagaimana memandu pengunjung tahap demi tahap dengan bahasa perantara yang asik dan mudah untuk dimengerti oleh orang awam sekalipun. Maka pengunjung semakin betah dalam mengikuti tutorial dan panduan yang dipublikasikan dikemudian hari, bahkan kemungkinan terbesar akan direkomendasikan oleh mesin pencarian dengan sendirinya. Kebanyakan dari yang sudah ada masih begitu jelas bahwa konten/artikel yang dipublikasi hasil copy-paste. Tentu saja hal tersebut menjadi bumerang tersendiri.


*. Setiap informasi yang berada di intenet memiliki banyak kesamaan. Terkadang satu tema pembahasan yang sama sudah dimuat oleh ratusan situs/blog di seluruh dunia. Jadi blog yang dikelola setidaknya harus memiliki ciri yang unik agar dapat ditemukan oleh pengunjung dari mesin pencarian.