Preferensi: Cara Pasang Google Tag Manager Di Blog AMP

Cara Pasang Google Tag Manager Di Blog AMP

Dalam pembahasan ini lebih tepatnya tentang tips bagaimana memasang kode Google Tag Manager di blog AMP, dan mungkin ada beberapa settingan yang tidak begitu dibahas dalam artikel ini. Selebihnya untuk memaksimalkan settingan tersebut bisa mencari di penelusuran Google, karena intinya hampir sama. Bagi yang belum memiliki akun di google tag manager bisa menuju http://tagmanager.google.com/ atau bisa juga http://www.googletagmanager.com/ kemudian pilih "Sign Up". Jika sudah terbuka selanjutnya akan ada tampilan "Tambahkan Akun Baru" yang terdiri dari dua form. Pada form pertama yaitu "Siapkan Akun" di sini bisa diisi dengan nama blognya saja jika bingung, kemudian klik "Lanjutkan". Pada form kedua yaitu "Siapkan Penampung" silahkan isi dengan URL/alamat blog AMP yang dimaksud, kemudian "Tempat Penampung Digunakan" pilih "AMP" dan klik "buat".






Jika berhasil akan ada tampilan untuk menempatkan kode di bawa ini pada template blog tepat setelah kode <head>. Kemudian tambahkan ='async' setelah kode async, sehingga tidak perlu diparse lagi untuk memasangnya. Hasilnya seperti di bawah ini.

<!-- AMP Analytics --><script async='async' custom-element="amp-analytics" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-analytics-0.1.js"></script>

Selanjut letakkan kode di bawah ini setelah kode <body>. Perlu diingat agar kode tidak error silahkan hapus kode &gtm.url=SOURCE_URL kemudian klik "Simpan" template.

<!-- Google Tag Manager -->
<amp-analytics config="https://www.googletagmanager.com/amp.json?id=GTM-M4TR6SR&gtm.url=SOURCE_URL" data-credentials="include"></amp-analytics>

Setelah penempatan kode selesai, selanjutnya yaitu "TAMBAHKAN TAG BARU" misalnya ingin menambahkan tag analytics. Untuk konfigurasi tag analytics silahkan masukan ID Pelacakan Google Analytics, kemudian tambahkan Pemicu Pengaktifan dan klik "Simpan".









Langkah terakhir setelah membuat tag yaitu mengirim perubahan. Nama dan deskripsi versi pada konfigurasi pengiriman bisa diisi nama dan deskripsi blog jika mengalami kebingungan harus diisi apa.




Demikian ulasan tentang Cara Pasang Google Tag Manager Di Blog AMP. Semoga bisa sedikit membantu untuk yang mengalami kebingungan bagaimana caranya pasang Google Tag Manager di blog AMP.