Preferensi: Cara Mudah Menulis Artikel Postingan Yang Baik

Cara Mudah Menulis Artikel Postingan Yang Baik

Cara Mudah Menulis Artikel Postingan Yang Baik Beberapa poin referensi untuk menulis artikel yang baik.
Siapkan tema yang akan dibahas

Memudahkan pembaca untuk mengambil kesimpulan. Misalnya tema dalam pembahasan ini "Cara menulis artikel" juga sebagai pedoman apa yang akan di bahas.

Tentukan judul artikel

Guna untuk mengarahkan pembahasan tema yang lebih spesifik/tertentu. Misalnya dari tema "Cara menulis artikel" kemudian menentukan judul "Cara Mudah Menulis Artikel Postingan Yang Baik". Dari tema bisa di kembangkan lagi menjadi berbagai judul artikel dan pembahasan yang berbeda.

Membuat kerangka karangan

Sebagai pembantu untuk mempermudah dalam menulis pembahasan.

Penggunaan gaya bahasa

Gaya bahasa yang lebih sederhana akan lebih mudah dimengerti. Untuk artikel selain cerita seperti (tutorial, panduan, tips, trick, dsb.) , menghindari kata (saya, kamu, anda, dia mereka, dsb.) akan memberikan kesan profesional, termasuk untuk membangun brand. Karena yang membaca adalah umum/usia bebas dan belum tentu apa yang dimaksudkan penulis.

Menghindari penekanan kepada pembaca

Pembaca tidak suka untuk di paksa harus melakukan itu, jika artikel membahas tutorial, panduan, tips, dsb. Memberi referensi/alternatif pilihan lebih baik walaupun membingungkan pembaca untuk memilih, karena keadaan ruang dan waktu mungkin tidak sama antara pembaca.

Tidak menggurui

Menerapkan "pembaca tidak bodoh" bedanya adalah setiap pembaca ingin tahu apa yang ingin penulis sampaikan, kesalahan satu huruf bisa lebih teliti daripada penulis. Menulis membayangkan seperti berbicara di antara sekumpulan orang yang ingin mendengarkan, ada orang tua, teman, sahabat, bos, orang lain, senior, master, dsb. Tetapi tidak terlihat secara kasat mata.