Preferensi: Cara Mudah Optimasi Blogspot Melalui Seluler

Cara Mudah Optimasi Blogspot Melalui Seluler

Sebenarnya ada banyak cara untuk optimasi blogger melalui seluler, akan tetapi itu semua bukan jaminan blog menjadi ramai pengunjung melainkan menjadi sepi dan terabaikan. Berikut ini beberapa referensi untuk optimasi blogger melalui seluler,
Memilih Template Ringan

Tampilan blog yang responsif dan seo friendly masih menjadi trend saat ini, banyak dari para blogger yang sudah modifikasi tampilan blog mereka hingga download template (jalan pintas) dengan tambahan bebagai fitur seperti auto read more » (include images thumbnil), breadcrumb index, relatest post/ artikel terkait, search box, share button, menu bar (drop down), recent post, valid HTML/CSS terbaru, skin yang menarik, dsb. Dari berbagai tambahan tersebut tentunya tampilan blog menjadi lebih menarik, namun Google saat ini sudah memberikan layanan tambahan di aplikasi Google Crhome untuk pengguna smartphone yaitu googleweblight di mana blog yang dimuat cukup berat akan dimuat lebih ringan dengan tampilan seperti seluler, layanan ini juga di peruntukkan bagi mereka yang berada di wilayah dengan koneksi internet yang lambat. Jadi masih ingin menggunakan template download? Cukup menggunakan template bawaan dari blogger seperti simple bold, simple pale (blogger via ponsel) untuk loading lebih ringan di perangkat selain smartphone (ponsel java, symbian).

Optimasi Blogspot Seluler

Memilih Gadget

Perlu diketahui, semakin banyak gadget pada tampilan maka semakin lama dan semakin banyak data yang di gunakan untuk memuat blog, secara otomatis pengunjung akan beralih ke situs/blog lain walaupun konten yang ada dalam blog tersebut sangat bagus. Memilih gadget yang mempermudah pengunjung untuk menelusuri blog secara keseluruhan, seperti Laman (Tentang Saya, Kontak, Kategori dari Label, Privasi, Bantuan), Arsip Blog, Popular Post (Menampilkan postingan yang sering di lihat), dan Pengikut Dari Email yang mempermudah pengunjung untuk mengikuti postingan terbaru dari email ketika tidak sempat membuka blog karena aktifitas keseharian.

Bagikan di Google+

membagikan tautan blog ke profil google+ juga sangat berpengaruh banyak dalam segi optimasi blog, dengan cara mengubah profil blog menjadi profil google+ dan mengaktifkan bagikan otomatis setelah publikasi postingan untuk menambah pengunjung dari google+.

Pengaturan Postingan

Untuk mengatur jumlah postingan yang di tampilkan, dari menu blog > pilih tab tata letak > pilih post > edit minimal isikan tiga hingga lima postingan untuk menjaga blog tetap ringan ketika dimuat dari perangkat ponsel, untuk rekomendasi dari template bawaan blog adalah tujuh. Pada bagian bawah postingan sertakan menu komentar, tombol berbagi, dan label yang bisa di ubah menjadi "kategori" untuk menelusuri artikel lainnya dalam tag yang sama.

Kaya Konten

Selalu bagikan hal-hal terbaru dan berkualitas kepada pengunjung yang sudah mengikuti blog, kebanyakan dari mereka menyukai hal baru serta bermanfaat. Perlu di ingat, banyaknya postingan yang sudah di publikasikan tetapi tidak bermanfaat juga percuma. Lebih jelasnya bisa di lihat dari statistik penayangan seberapa banyak artikel atau konten tersebut sering di kunjungi. Jika perlu lakukan pengeditan ulang atau menghapus dan posting ulang dengan judul postingan yang lebih kearah tema pembahasan.