Preferensi: Kiat Menjadi Penulis Bagi Pemula

Kiat Menjadi Penulis Bagi Pemula

Bingung Nulis Pernahkah mempunyai keinginan menjadi penulis karena terinspirasi dari karya tulis yang sering dibaca? Yap, begitulah salah satu awalnya. Karena inspirasi datang dari apa saja, namun ketika menulis banyak pemula yang mengalami kebingungan mengenai langkah apa yang diambil, harus memulai dari mana, bagaimana jika hasilnya buruk, dan masih banyak lagi alasan seorang pemula. Pada dasarnya setiap orang adalah penulis yang baik, seperti halnya alur kisah hidup seseorang, sebagian ada yang menjadikannya karya tulis maupun menyampaikannya secara langsung. Sehingga tidak jarang dalam kehidupan sehari-hari sering menemukan pepatah kuno, kata bijak, dan kisah menginspirasi dari orang-orang terdahulu yang bisa diterapkan.

Berikut ini ada beberapa teori sederhana yang mungkin berguna untuk pemula yang ingin menjadi penulis.

*. Dari mendengar jadi bisa berbicara

Tidak perlu penjelasan mendetail, mungkin dari mendengarkan sebuah lagu yang sering diputar berulang-ulang tanpa tahu syairnya bisa mengikuti irama lagu tersebut. Dalam hal ini bernyanyi termasuk juga berbicara yang berguna mengisi emosi bagi pembaca dalam karya tulis. 

*. Dari melihat jadi bisa menulis 

Melihat dalam hal ini lebih mengarah pada membaca, semakin banyak membaca akan sangat berguna sebagai referensi seperti apa yang akan di tulis, alur cerita, gaya bahasa, serta menambah daftar kosa kata sebagai bekal untuk memaparkan apa yang akan ditulis sehingga pembaca bisa memahami yang disampaikan penulis. 

*. Dari mengingat jadi bisa melakukan 

Kemampuan mengingat seseorang mengenai berbagai peristiwa, moment, serta waktu juga sangat penting. Karena ingatan tersebut sebagai pemandu untuk mulai menulis, walaupun awalnya masih berupa kata inti yang masih perlu diperjelas. Lebih sederhananya seperti menulis buku diari tentang "Hari ini perayaan bertambahnya usiaku" yang tentunya akan ditulis dari awal hingga selesai.