Preferensi: 5 Navigasi Dasar Yang Perlu Ada, Untuk Permudah Pengunjung Menelusuri Seluruh Isi Blog

5 Navigasi Dasar Yang Perlu Ada, Untuk Permudah Pengunjung Menelusuri Seluruh Isi Blog

 

 

Setiap blog pastinya memiliki gaya tampilan yang berbeda sesuai yang dikehendaki pemiliknya. Mulai dari tampilan bawaan yang disediakan oleh blogger hingga custom download tampilan sesuai trend yang paling diminati saat ini. Apapun dan bagaimana pun tampilan blog setidaknya tidak mengabaikan 5 navigasi dasar ini guna membuat pengunjung blog tetap betah dan tidak pernah berkurang hanya karena tampilan blog yang kurang bagus,

1. Menubar


Menubar atau yang sering disebut menu navigasi utama yang biasanya berada di atas atau di bawah judul blog merupakan komponen utama guna mempermudah pengunjung menelusuri apa saja yang ditayangkan oleh blog tersebut.

2. Kotak pencarian


Kotak pencarian berfungsi untuk mempermudah pengunjung bila ingin langsung mencari artikel yang dimaksud, semisal jika ingin menyarankan ke teman "buka situsweb.com aja kemudian cari panduan membuat roti.."

3. Artikel terkait


Selanjutnya menerapkan artikel terkait, selain membuat betah pengunjung untuk membaca juga mempermudah pengunjung ketika selesai membaca artikel akan langsung disuguhkan beberapa artikel yang terkait dengan sebelumnya tanpa harus bersusah payah menggulir ke menu navigasi yang letaknya di bagian atas blog.

4. Halaman kontak dan bantuan


Walaupun tersedia kolom komentar untuk berinteraksi antara pembaca dan penulis, namun halaman mandiri seperti halaman kontak yang bisa dihubungi dan halaman bantuan yang cepat tanggap perlu disediakan apabila penulis sewaktu-waktu tidak memantau blog tersebut.

5. Widget pengikut


Ketika pengunjung mencari sebuah konten, kemudian menemukannya di suatu blog dan dirasa blog tersebut informasinya sangat bermanfaat tentunya akan sering berkunjung untuk memperoleh informasi yang baru. Nah, widget pengikut ini gunanya untuk menampung pengunjung yang selalu menunggu informasi terbaru. Jadi pengunjung tetap bisa mendapatkan kabar terbaru baik itu dari email, serta media sosial seperti facebook, google+, twitter, dsb.