Preferensi: Tips Pasang Banyak Aplikasi Android, Tanpa Takut Ponsel Lelet

Tips Pasang Banyak Aplikasi Android, Tanpa Takut Ponsel Lelet

 


 


Dilansir dari mediapagi – Terkadang kita ingin mencoba berbagai aplikasi yang kita sukai, sampai-sampai kapasitas ponsel penuh dan tidak ada ruang yang cukup untuk memasang aplikasi lagi. Ingin menghapus tapi sayang, karena masih penting dan tentunya membutuhkan paket data yang tidak sedikit jumlahnya untuk mendownload. Nah, mediapagi punya saran nih sob :) tentang bagaimana caranya pasang dan mainkan berbagai aplikasi tanpa takut lelet.

1. Memindah aplikasi ke memori eksternal

Memori ekternal adalah alternatif untuk meletakkan berkas aplikasi yang dipasang. Kamu bisa masuk ke pengaturan ponsel kamu yang bergambar roda grigi, pilih masuk ke pengaturan aplikasi dan pilih aplikasi yang sudah sobat download untuk di pindah. Nah, dengan begitu memori ponsel kamu tidak cepat penuh. Oh iya, terkadang ada juga loh sob! Aplikasi yang tertentu yang tidak bisa dipindah walaupun hasil download.

2. Memindahkan file dari penyimpanan internal

Untuk yang suka selfie dan download file biasanya akan tersimpan di dalam memori internal ponsel. Perlu diperhatikan juga bahwa file tersebut bisa mempercepat kapasitas penyimpanan menjadi penuh yang memungkinkan tidak bisa memasang aplikasi baru. Jadi, selalu ingat untuk periksa file kamu dan pindahkan ya sob!

3. Membersihkan file chace aplikasi

Kita pasti pernah melakukan penghapusan aplikasi yang sudah tidak perlu ataupun aplikasi yang sudah kita download namun tidak berjalan dengan baik di ponsel kita. Nah, biasanya aplikasi tersebut akan meninggalkan berkas di dalam folder tertentu. Nggak mau kan ponsel kamu penuh file tersebut? Bisa diperiksa sob, pernah hapus aplikasi apa dan foldernya pasti ada tuh dengan nama yang tidak jauh dari aplikasi tersebut.

4. Menyalin file instalasi

Nah, untuk suka mencoba aplikasi baru, tips ini bisa menjadi alternatif sob. Sesudah melakukan langkah2 di atas, tapi masih saja penuh dan lelet karena kapasitas penyimpanan ponsel yang terbatas. Sobat bisa download aplikasi yang namanya "Apk Extractor" ada kok di playstore. Untuk apa sih aplikasi ini? Aplikasi ini berguna untuk menjadikan aplikasi yang sudah dipasang menjadi file metah. Contohnya seperti ini, sobat ingin download game namun memori penuh atau lelet. Nah, sobat bisa jadikan aplikasi "BBM, Facebook, Instagram, Twitter" menjadi  file berkas "BBM.apk, Facebook.apk, Instagram.apk, Twitter.apk" dengan aplikasi Apk Extractor, kemudian menyimpannya di memori eksternal/microSD dan bisa menghapus aplikasi "BBM, Facebook, Instagram, Twitter " tadi. Bagaimana, pasti lebih ringan dan bisa maen game kan? :) Jika sewaktu-waktu ingin memasangnya kembali sobat tinggal instal aplikasi "BBM.apk, Facebook.apk, Insgram.apk, Twitter.apk" tanpa harus hapus permanen aplikasi tersebut dan mendownloadnya lagi dengan kuota yang tentunya tidak sedikit jumlahnya. 
Oh iya, tau nggak sih aplikasi sosial media seperti di atas adalah aplikasi terberat loh dari pada aplikasi lainnya! Kenapa eh kenapa, karena aplikasi tersebut memiliki sistem running app dan cecklist network yang berjalan secara bersamaan terus, contohnya saja yang sering kita jumpai yaitu selalu mendapat pemberitahuan/kabar terbaru. Sedang aplikasi yang lain hanya running app saja dan itu pun kalo kita mainkan.

Demikianlah tips pasang banyak aplikasi tanpa takut ponsel lelet yang bisa mediapagi bagikan. Apabila mengalami kesulitan dengan tips di atas, sobat bisa tinggalkan komentar loh. :)