Preferensi: Apa Yang Harus Dilakukan Seorang Blogger Jika Tidak Punya Ide Untuk Menulis?

Apa Yang Harus Dilakukan Seorang Blogger Jika Tidak Punya Ide Untuk Menulis?

 

preferensi - Sebuah pertanyaan yang mungkin bisa jadi cukup sulit untuk di jawab bagi blogger yang berada pada titik vakum dimana tidak ada ide atau gagasan untuk menulis. Hal tersebut memang tidak bisa dipungkiri, berkali-kali penulis juga mengalami hal demikian. Langsung saja, berikut ini beberapa referensi yang mungkin bisa sedikit membantu dari pertanyaan yang harus dilakukan seorang blogger jika tidak punya ide untuk menulis..

1. Piknik/Jalan-jalan

Kata ini cukup untuk menggambarkan beberapa persepsi masing-masing blogger. Bisa diartikan pergi ke suatu tempat wisata yang sejenak bisa melepas penat. Bisa juga diartikan pergi melihat-lihat blog lain sekaligus mencari celah mengenai kekurangan dalam artikel yang di publikasikan, sehingga hal tersebut bisa dijadikan ide/gagasan untuk menentukan tema artikel.

2. Meningkatkan tampilan blog agar mudah diakses

Meningkatkan tampilan ini meliputi beberapa bagian, mulai dari melakukan riset template blog apakah benar-benar bisa di akses dari berbagai browser atau hanya browser tertentu saja. Hal ini bisa di coba dengan membuka blog dari browser Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, UC Browser, Safari, hingga browser bawaan ponsel apakah bisa di akses dengan mudah. Jika ada beberapa bagian blog yang tidak bisa di akses bisa melakukan pergantian template yang lebih responsif terhadap berbagai bentangan layar.

3. Meningkatkan layanan blog kepada pengunjung

Setelah meningkatkan tampilan, blog juga perlu sebuah layanan. Dalam hal ini yang paling sederhana adalah kolom komentar pada setiap artikel. Siapa saja yang bisa menambahkan komentar dan dari akun apa saja yang bisa digunakan pengunjung dalam berkomentar, jika pengunjung mayoritas lebih banyak dari media sosial Facebook bisa menambahkan plugin Facebook Komentar. Kemudian bisa juga menyediakan batuan cepat untuk pengunjung yang ingin bertanya langsung apabila sewaktu-waktu pengelola blog tidak memantau.

4. Memperbarui artikel yang ada

Hal ini terkadang luput dari pantauan seorang blogger, karena masih terlalu fokus untuk menulis artikel-artikel terbaru. Gambaran singkatnya tentang memperbarui artikel terdahulu yaitu blog lebih disukai pengunjung karena menyajikan konten yang bermakna dan relevan. Lebih direkomendasikan oleh mesin pencarian seperti google, bing, dan situs-situs/ blog lain.

Begitulah sedikit referensi mengenai apa yang bisa dilakukan seorang blogger jika tidak punya ide untuk menulis. Semoga bisa membantu.