Preferensi: Cara Mudah Mengambil File Dari Aplikasi Android (Icon, Nada, Gambar, dsb.)

Cara Mudah Mengambil File Dari Aplikasi Android (Icon, Nada, Gambar, dsb.)


Artikel ini sebenarnya dari pengalaman penulis sewaktu mengedit template ingin menambahkan icon menu navigasi dan tombol pencarian berupa gambar (terinspirasi dari menu aplikasi yang begitu bagus jika diterapkan pada template). Sudah mencari di internet namun tidak ada yang sesuai, akhirnya mencoba untuk mengekstrak aplikasi tersebut dan berhasil mengambil icon gambar yang dimaksud. Kemudian mencoba lagi untuk ekstrak sebuah aplikasi game, dan hasilnya penulis jadikan nada pesan dan panggilan masuk.

Bagi yang ingin mencobanya, berikut ini cara yang penulis lakukan:

1. Aplikasi yang sudah terinstal dan ingin diambil filenya dijadikan ekstensi .apk dengan aplikasi APK Extraktor

Untuk yang belum punya bisa mengunduh dari play store atau penyedia yang lain. Bisa juga aplikasi yang serupa, intinya untuk mengubah aplikasi yang sudah diinstal menjadi ekstensi .apk atau yang sering penulis sebut file mentah. :D

2. Mengekstrak aplikasi .apk dengan aplikasi RAR menjadi file folder 

 

Untuk yang belum punya, bisa mengunduh dari play store dengan kata kunci pencarian "RAR for android". Jika sudah punya langsung saja buka aplikasi RAR, kemudian cari dan pilih file dengan ekstensi .apk tadi menjadi folder. Jika proses mengekstrak selesai, selanjutnya buka file folder aplikasi tersebut dan telusuri sendiri apa yang ingin diambil pada subfolder "res". 

 

Demikian yang pengalaman penulis tentang cara mudah mengambil file tertentu pada aplikasi/game android. Semoga bisa membantu. 

Apabila masih kurang paham, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar atau bisa juga kirim pesan via fanspage.