Preferensi: 7 Tipe Niche Abadi Yang Bisa Menjadi Pilihan Untuk Mulai Ngeblog

7 Tipe Niche Abadi Yang Bisa Menjadi Pilihan Untuk Mulai Ngeblog

 
Setiap blogger memiliki keunikan tersendiri dalam mengisi konten blog yang dikelolanya, ada yang mengisi dengan informasi terkini hingga informasi yang paling diminati dari waktu ke waktu. Berikut beberapa referensi tipe niche abadi yang penulis rangkum untuk mempermudah dalam mengisi konten blog. Sehingga pengunjung lebih tahu harus kemana  ketika ingin mencari referensi, dan tentunya blog yang dikelola akan di rekomendasikan secara otomatis di mesin pencarian Google.


1. Tutorial

Sejak mengenal blog tahun 2009 lalu, bagi penulis niche tutorial merupakan niche yang paling dicari dan dibutuhkan. Bagaimana tidak, dari niche tutorial inilah mereka dapat terbantu dalam mengembangkan suatu kreatifitas. Secara umum niche tutorial yaitu pemanfaatan ketersediaan menjadi suatu hal baru atau yang di inginkan. Untuk membuat konten niche tutorial ini bisa memulainya dari hal yang paling sederhana dan mengawali judul postingan dengan"Tutorial / Tips / Cara / Trik", misalnya "Tutorial make up untuk acara pernikahan", "Cara merawat motor agar tidak mudah rusak", "Tips dekorasi ruang tamu minimalis", "Trik internet gratis terbaru" dsb. Dari contoh judul postingan dengan niche tutorial tersebut menandakan bahwa ada banyak sekali ide atau hal-hal yang bisa dijadikan tutorial.

2. Informasi

Di era digital ini banyak sekali pengguna internet yang mencari informasi secara online. Niche informasi bisa menjadi pilihan mengingat ruang lingkupnya yang sangat luas, seperti informasi seputar harga atau produk (ponsel, tablet, pc, latop), informasi tempat menarik (wisata, liburan, pra wedding), informasi tentang ilmu pengetahuan (sejarah, pendidikan, astrnomi, geografi), hingga informasi umum lainnya seperti yang dilansir  oleh situs wikipedia.

3. Download

Niche download bisa menjadi alternatif pilihan karena tidak perlu membutuhkan pemikiran khusus seperti dalam menulis tutorial. Cukup melihat dan memantau situs yang menyediakan file download terbaru sudah bisa dijadikan referensi dalam mengembangkan konten blog yang dikelola. Sebagai langkah awal bisa menempel link download orang lain atau mencari situs untuk mengunggah file secara gratis dan mudah diakses oleh pengunjung, seperti box.com dan masih banyak lagi lainnya.

4. Panduan

Niche ini bisa dikatakan masih jarang meminati, namun selalu dicari oleh pengunjung melalui mesin pencarian seperti google. Mengingat penulis pernah mencari suatu panduan yang akhirnya harus pasrah dan berusaha sendiri karena karena tidak menemukannya. Dalam mengisi konten blog dengan niche panduan sebenarnya tidak terlalu sulit jika mengetahui dasar-dasarnya. Berbeda dengan niche tutorial yang ditujukan bagi mereka yang sudah bisa. Contoh judul postingan untuk niche panduan seperti "Cara menggunakan mesin cuci", "Cara menanam bunga mawar", "Cara budi daya ikan lele", "cara merakit komputer", "Cara servis sepeda motor" dsb.

5. Web tools

Dibutuhkan keahlian lebih dalam bidang pemprograman untuk mengelola untuk mengelola niche web tool ini, atau bisa juga menggunakan kode (script) yang sudah tersedia di internet. Saat ini ada banyak sekali blog dengan niche web tool, beberapa diantaranya yaitu keepvid - untuk download video youtube, blogcrowd - untuk parse html ke java skrip, ceksite - untuk melihat harga situs, alexa - untuk mengetahui peringkat situs/blog di seluruh dunia, whos among us - penyedia widget visitor online, appyet - membuat aplikasi android blog viewer, dsb. Sehingga cukup mengedepankan layanan dan tidak perlu update postingan setiap hari.

6. Dokumen

Berbeda dengan niche sebelumnya yang tergolong masih banyak lagi niche bila dikembangkan. Niche dokumen ini termasuk khusus, karena konten blog cukup di isi dengan contoh-contoh dokumen saja. Seperti contoh laporan karya wisata, surat lamaran kerja, surat izin mendirikan bangunan, kerangka pidato, dsb.

7. Karya tulis

Untuk yang menyukai blog dengan konten hasil pemikiran sendiri, niche karya tulis bisa menjadi pilihan untuk dikembangkan (misalnya: cerpen, cerbung, novel online, puisi, pantun, sajak, dsb.) dan peminatnya pun juga tidak sedikit.
Demikian ulasan 7 tipe niche abadi yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi blog, semoga bisa menambah wawasan dalam mengembangkan konten blog ke depannya. Pada kesempatan berikutnya penulis akan membagikan 5 Tipe Niche Konten Sekali Pakai, Namun Mendatangkan Banyak Pengunjung.