Preferensi: Cara Mudah Pasang HTTPS Di Blog Domain TLD

Cara Mudah Pasang HTTPS Di Blog Domain TLD

Untuk saat ini nama blog yang berada di subdomain .blogspot.com Blogger sudah menggunakan https, akan tetapi jika menggunakan domain TLD (seperti .com .net .org .info dsb.) belum didukung. Berbeda sekali pada CMS lainnya ketika membeli paket hosting dengan SSL yang bisa dikaitkan melalui fitur di cPanel. Tanpa panjang lebar lagi, silahkan langsung saja simak langkah-langkah berikut ini.

Mendaftar SSL dari pihak ketiga untuk memperoleh https

Pertama-tama silahkan buka situs cloudflare.com dan jika sudah terbuka pilih sign up untuk daftar dengan email, apabila sudah pernah daftar cukup pilih log in saja. Kemudian step 1 pilih "+ Add Site" dan masukan nama domain TLD blog untuk discan DNS records.
 

Jika proses scan sudah selesai, selanjutnya pilih "Continue" untuk menuju ke step 2 di sini bisa langsung klik "Continue" lagi untuk menuju step 3.


Sampai di step 3 pilih yang free website kemudian klik "Continue", atau jika memiliki anggaran bisa memilih yang berbayar sesuai kebutuhan.


Di step 4 ini silahkan menuju registrar domain untuk merubah/mengupdate nameserver domain yang di daftarkan dengan nameserver dari cloudflare, jika sudah selesai bisa klik "Continue" untuk menyelesaikan langkah ini.

 
Mengaitkan https ke domain blog

Dari mengeklik "Continue" di step 4 biasanya akan muncul tampilan status belum aktif, untuk mengatasinya bisa tunggu beberapa menit kemudian klik "Recheck Nameservers".


Setelah status aktif, selanjutnya pilih tab "Crypto" untuk mengaitkan https ke domain blog.


Pada tab menu Crypto silahkan ubah SSL menjadi flexible, kemudian (Always use HTTPS, Authenticated Origin Pulls, Opportunistic Encryption, dan Automatic HTTPS Rewrites) yang semula Off ubah menjadi On dan TLSnya ganti Disabled. Langkah selanjutnya hanya menunggu proses settingan saja, paling lama 24 jam. Akan tetapi kurang dari satu jam biasanya sudah selesai dan domain yang semula menggunakan http kini menjadi https.


*. Perlu diingat!


1. Ketika blog yang di dikelola sudah memiliki pengunjung yang banyak dan terindeks oleh mesin telusur (seperti Google, Bing, dsb.) dengan perubahan URL yang semula http://www.preferensi.info menjadi https://www.preferensi.info usahakan untuk tidak membatalkan atau menghentikan sementara hingga berulang-ulang. Hal tersebut hanya akan membuat pengunjung berkurang secara derastis karena tampilan blog error saat dibuka. Dan pada saat dihentikan mungkin butuh waktu kira-kira sampai 24 jam agar bisa dibuka kembali secara normal. Sedangkan jika sudah terindeks akan butuh hingga beberapa hari agar terindeks kembali atau mungkin lebih lama.

2. Pada dasbor blogger, menu statistik negara pengunjung yang semula terlihat dari berbagai negara mungkin akan terlihat dari negara Amerika Serikat saja. Untuk melihat pengunjung dari negara mana saja secara real time silahkan untuk mengaitkan blog dengan Google Analytics atau Histats dan sebagainya.