Preferensi: Teknik Dasar Bongkar Sepeda Motor Yang Perlu Diketahui Bagi Pemula

Teknik Dasar Bongkar Sepeda Motor Yang Perlu Diketahui Bagi Pemula

Pada dasarnya semua bagian sepeda motor tersusun sedemikian rupa dan saling terhubung sehingga tercipta suatu unit transportasi yang bisa membantu mempermudah aktifitas manusia, semisal untuk bepergian jauh lebih singkat daripada harus jalan kaki, membawa barang dan lain sebagainya. Pada masanya alat tersebut pasti mengalami kerusakan dan butuh perbaikan untuk bisa digunakan kembali seperti biasanya. Tentu saja untuk memperbaikinya harus mengetahui bagian-bagian dalam sepeda motor, mulai dari membuka satu persatu dari bagian terluar hingga permasalahannya.

Artikel ini sebenarnya berawal dari pengalaman penulis ketika membongkar sepeda motor sendiri dan berhasil memperbaikinya walaupun tanpa memiliki keterampilan mengenai sepeda motor.
Ketika sekolah dulu juga tidak pernah mempelajari hal ini, karena penulis lebih memilih mempelajari perangkat lunak pada komputer yaitu pembuatan film animasi dan desain grafis.
Lantas bagaimana bisa membongkar sepeda motor tanpa mempunyai keahlian, apakah belajar dari internet? Meskipun di era saat ini lebih mudah mencari informasi apapun di internet, namun hampir disetiap penelusuran secara mendetail dan terkadang membahas ulasan secara umum bagian-bagiannya saja. Karena kalau ada cara tersebut tentunya setiap orang bisa mempelajarinya dengan mudah dan otomatis jasa service sepive pelanggan (setiap rusak sedikit diperbaiki sendiri, hehehe).
Bagi penulis, intinya setiap melakukan sesuatu "selama masih bisa dilihat dan diraba, pasti bisa" (malah jadi seperti periksa uang palsu saja, hehe). Langsung saja, berikut ini adalah teknik dasar yang perlu diketahui untuk bongkar sepeda motor bagi pemula:
1. Selalu mengingat setiap bagian
Mengingat setiap bagian-bagian sepeda motor memang sangat diperlukan, baik itu dari bagian terkecik sekalipun. Karena dari mengingat bisa menambah wawasan guna mempelajari lebih permasalahan yang lebih lanjut. Misal hanya mengetahui bagian dan fungsinya, walaupun tidak tahu nama sebenarnya bagian tersebut. Nah, bagaimana jika sering lupa atau pelupa? Terkadang hal ini sering dialami beberapa orang, namun bisa dicoba ketika membongkar bagian-bagian sepeda motor mungkin bisa meletakan di suatu tempat secara berurutan, sehingga bisa tahu bagaimana memasangnya kembali dengan mudah karena sudah diletakan secara berurutan.
2. Bisa nge-TOP-kan mesin
Hal utama yang harus dilakukan ketika ingin membongkar mesin adalah mengtopkan mesin terlebih dahulu. Apa itu mengetopkan mesin?  Mengetopkan mesin merupakan suatu tanda dimana posisi piston/seher berada pada posisi depan dan semua klep/katup berada pada posisi tertutup (tidak ada yang terbuka). Kenapa hal ini sangat diperlukan? Apabila mesin tidak ditopkan terlebih dahulu kemudian langsung membongkar (misalnya ingin mengganti ring piston/seher karena keluar asap) maka apabila diterapkan lagi dan mesin coba dihidupkan bisa mengakibatkan piston dan klep bertabrakan (hancur dan mengganti dengan sparepart baru).
Adakah bagian mesin yang bisa dibongkar tanpa harus ngetopkan mesin? Pastinya ada, yaitu apabila ingin mengganti kampas kopling, kampas ganda.
Dua teknik diatas adalah modal untuk membongkar mesin sepeda motor sendiri apabila tidak memungkinkan membawanya ke tempat service.